7 Wisata Alam Di Kebumen Yang Aduhai Indahnya

0
655

Wisata Alam Di Kebumen Yang Aduhai Indahnya – Tahukah Kamu ? kabupaten Kebumen yang biasanya hanya dilewati jalur selatan dari wilayah-wilayah di Jawa Timur menuju ke Jawa Barat ternyata menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Bahkan alam Kebumen menjadi wisata yang tidak kalah dengan obyek-obyek wisata yang ada di Jogja maupun daerah lain di Jawa Tengah.

Kebumen sering di kenal dengan benteng legendarisnya yaitu Benteng Van Der Wijck. Namun tidak hanya bentengnya saja yang layak kamu ketahui, karena menjelajahi alam kabupaten ini tak kalah indahnya. Berikut tempat-tempat keren di Kebumen yang bakal bikin foto-foto ngetripmu makin ngetren dan beken.

1. Menikmati Sensasi Ombak Yang Menggelegar di Pantai Karang Bolong

Hasil gambar untuk pantai karang bolong
via travel.detik.com

Ada banyak pantai di kabupaten Kebumen yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang paling unik dan terkenal adalah Pantai Karang Bolong. Di namakan Karang Bolong karena di pantai ini terdapat karang berlubang seperti gua yang ikonik.

Pantai ini berada di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Pantai Karang Bolong sudah cukup terkenal di kalangan traveler, oleh karenanya tidak mengherankan jika setiap hari libur banyak wisatawan yang berkunjung. Kamu bisa mengambil spot foto yang pas jika kamu mau menyaksikan ganasnya ombak pantai selatan, dengan latar belakang Karang Bolong atau sekedar bersantai dan bermain air di pantainya.

2. Yang Masih Baru, Bukit Sawangan

Hasil gambar untuk kebumen Bukit Sawangan
via ondel-ondel.com

Bukit Sawangan tergolong wisata yang masih baru. Wisata ini dikembangkan oleh warga desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Bukit Sawangan masih satu paket dengan Pantai Sawangan, Curug Sawangan, dan Gua Suwowo. Wisata ini sangat cocok bagi traveler muda yang suka dengan kegiatan menantang.

Bukit ini masih tersembunyi dan akses jalan yang belum dibangun membuat mereka yang berniat traveling ke tempat ini harus trekking terlebih dahulu. Sehingga menambah sensasi bagi yang ingin menikmatinya. Baru-baru ini bukit Sawangan mulai dikembangkan dengan menambahkan beberapa fasilitas seperti wahana rapling dan flying fox yang bisa dicicipi pelancong.

3. Gua Yang Masih Perawan, Gua Langse

Hasil gambar untuk gua langse
via kelanakecil.wordpress.com

Gua Langse tergolong gua yang masih perawan, alias belum banyak yang menjamah. Bahkan sampai sekarang masih tergolong sedikit yang membahasnya. Gua Langse berada di desa Totogan, kecamatan Karangsambung. Di kawasan desa tersebut terdapat sebuah bukit bernama Jatibungkus. Di bukit tersebutlah kamu dapat menjumpai dua gua, Gua Langse di sisi barat, dan Gua Sikepul serta Gua Silodong di sebelah timur.

4. Indahnya Gua Barat, Apalagi di Dalamnya Terdapat Air Terjun

Hasil gambar untuk gua barat kebumen
via juragancipir.com

Gua Barat termasuk ke dalam gua yang paling di kenal. Gua ini berada di dusun Pulamarta, desa Jatijajar, kecamatan Ayah, tepatnya ada dalam daerah pegunungan Gombong Selatan. Gua Barat banyak di kunjungi pewisata, bahkan peneliti dari dalam dan luar negeri.

Gua Barat sulit untuk dijelajahi sehingga tidak semua orang bisa menikmati keindahan ruangan gua tersebut. Menariknya di dalam gua ini ada air terjun setinggi 8 meter yang diberi nama Jump Ullyses, yang dalam bahasa Yunani berarti “sang petualang cerdik” serta air terjun setinggi 32 meter bernama Superman’s Big Sister.

5. Kecil Tapi Mempesona, Pantai Gebyuran

Hasil gambar untuk pantai gebyuran kebumen
via IG @ginanjar_subekti

Bergeser ke desa Pasir, namun masih berada di Kecamatan Ayah. Pantai Gebyuran merupakan pantai mungil yang layak untuk kamu singgahi. Pantai ini bernama Pantai Gebyuran yang berada di sebelah barat Tanjung Karang Penganten atau sekitar 800 meter tenggara Pantai Pasir.

Pantai Gebyuran memiliki pantai yang sempit dengan ukuran tidak lebih dari 100 meter. Ditambah lokasinya yang terjepit membuat pantai ini tidak banyak diketahui traveler. Namun pantai ini tetap memiliki punya pemandangan yang indah dengan ombak yang lebih landai lantaran banyak karang yang menjadi pemecah ombak alami di tengah laut.

6. Temukan Laguna Di Pantai Bopong

Hasil gambar untuk pantai bopong kebumen
via olipeoile.com

Pantai Bopong yang berada di kecamatan Puring wajib kau kunjungi. Keunikan dari pantai ini yaitu mempunyai laguna alami yang eksotis untuk di jadikan objek foto maupun untuk berenang.

Untuk menemukan Laguna, berjalanlah ke sebelah timur pantai Bopong. Di kawasan sungai terdapat aliran yang meliuk-liuk membentuk semacam kedung berisi air jernih, yang biasa di sebut para pewisata sebagai Laguna.

7. Lanskap Seindah Selandia Baru, Di Pantai Menganti

Hasil gambar untuk pantai menganti kebumen
via coco-jkrahardi.blogspot.com

Letak Kebumen yang berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga wajar jika daerah ini memiliki banyak pantai yang eksotis. Selain Karang Bolong dan Pantai Gebyuran, masih ada Pantai Menganti yang disebut-sebut memiliki lanskap alam seindah New Zealand.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari pusat kota Kebumen. Karena akses menuju ke pantai ini masih cukup sulit, membuat belum banyak yang berkunjung ke sana. Sehingga ketika jalan-jalan ke pantai ini serasa sedang memiliki pantai sendiri. Alasan pantai ini disejajarkan dengan alam Selandia Baru adalah bukit-bukit dan tebing hijau di sepanjang pinggir pantai.

Kolom Komentar

comments