Waktu Mudik Terbaik Ala Waze

0
18
Sumber diakses via Mbahjiwo.com

Waktu Mudik Terbaik Ala Waze – Bagi Anda yang bekerja atau menetap dikota dan jauh dari kampong halaman tentu saja tidak bias terlepas dari budaya mudik. Apa sih yang terbayang dalam benak Anda ketika mendengar kata mudik? Tiket mahal, sudah pasti. Jalanan macet? Nah ini yang biasanya menjadi salah satu permasalahan yang timbul saat euforia mudik berlangsung.

Tak bisa dipungkiri, besarnya volume kendaraan di jalan menuju kota-kota tujuan menjadi pemandangan yang tidak asing lagi. Antrean kendaraan di ruas tol, kemacetan-kemacetan yang terjadi dipersimpangan jalan akan Anda temui saat mudik ke kampung halaman.

Waze, salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda mencari jalan terbaik untuk menghindari macet, pada Kamis (15/6/2017) merilis waktu-waktu terbaik kapan Anda harus melakukan perjalanan agar terhindar dari macet.

Survei yang dirilis oleh Waze ini menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu. Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat minggu sebelum dan empat minggu sesudah Lebaran

Menurut survey tersebut, waktu terbaik untuk bepergian adalah di hari Selasa. Berdasarkan temuan Waze, di hari Selasa 27 persen kendaraan lebih sedikit dibandingkan hari lainnya. Ini tidak hanya terjadi pada saat momen mudik tetapi pada saat hari-hari besar lainnya.

Selain Selasa, hari Sabtu juga menjadi hari yang bagus untuk Anda bepergian. Di hari Sabtu sekitar 16 persen kendaraan lebih sedikit dibandingkan hari lainnya. Namun dengan catatan, jika Anda berpergian di hari Sabtu, sebaiknya Anda jalan sebelum pukul 12.00 WIB.

Jika Selasa dan Sabtu adalah waktu terbaik untuk melakukan perjalanan, maka hari Senin dan Minggu adalah hari terburuk untuk Anda jika ingin melakukan bepergian.

Di hari Minggu ada 16 persen kendaraan lebih banyak dari hari biasanya mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Hari Senin juga menjadi hari terburuk karena ada 21 persen kendaraan lebih banyak di hari ini, namun kepadatannya tak bertahan lama, hanya berlangsung selama empat jam mulai pukul 10.00WIB sampai 14.00WIB.

Dalam survey tersebut Waze juga menemukan bahwat ingkat kecelakaan saat Ramadan meningkat sebesar 80 persen, notifikasi gangguan perjalanan meningkat sebesar 65 persen, kemacetan lalu lintas meningkat sebesar 64 persen, dan jumlah polisi di jalanan berkurang sebesar 19 persen.

Selain itu, saat musim libur, jam sibuk dimulai lebih awal (sekitar pukul 10 pagi, dimana biasanya dimulai pukul 12 siang). Tingkat lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat, seperti di Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Biasanya tingkat lalu lintas mulai menanjak sehari sebelum mudik Lebaran. (Kompas)

Kolom Komentar

comments