Universitas Negeri yang Berada di Semarang

0
69

Semarang merupakan ibukota dari Jawa Tengah. Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah tentunya menjadi sasaran bagi orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikannya. Ada banyak sekali universitas yang berada di Semarang, baik yang swasta maupun yang negeri. Kali ini mari kita ulas secara mendalam Universitas Negeri dahulu.

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Hasil gambar untuk undip

Univeritas Diponegoro merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip.

Universitas Diponegoro memperoleh akreditasi A (Sangat Baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang berlaku sejak 2013-2018. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Universitas Diponegoro memiliki dua kampus utama. Kampus pertama berada di Pleburan (sering disebut Kampus Bawah) dan yang kedua adalah kampus Tembalang (Kampus Atas). Sebelumnya seluruh kegiatan kampus diadakan di Pleburan, namun setelah kampus Tembalang selesai dibangun (tahun 2007-an) seluruh kegiatan kampus yang S1 dan D3 dipindahkan ke Tembalang. Sementara itu S2 masih tetap di Pleburan.

Pembangunannya yang selesai sepuluh tahunan lalu maka tak mengherankan jika kebanyakan gedung perkuliahan di kampus Tembalang bergaya modern dan baru. Selain dua kampus utama di atas, Undip juga memiliki kampus-kampus lainnya yang berbeda tempat.

Kampus Jl. dr. Sutomo 14, Zona Pendidikan RSUP dr. Kariadi Semarang  (Fakultas Kedokteran: Ilmu Gizi dan Pasca Sarjana, Laboratorium Fakultas Kedokteran).

Kampus Jl. Ade Irma Suryani, Jepara (Laboratorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Kampus Mlonggo Jepara (Fakultas Kedokteran).

Kampus Teluk Awur Jepara (Fakultas Ilmu Kelautan: Laboratorium Kelautan, Ruang Kuliah, Asrama, Perpustakaan, Rumah Dinas, Ruang Fasilitas Selam).

Kampus Pleburan (kampus bawah) sering di sebut sebagai ‘sumber peradaban’. Hal ini berlandaskan letaknya yang berada di pusat kota dan diantara gedung-gedung penting. Letak Kampus Pleburan yang berada di pusat kota Semarang membuat fasilitas-fasilitas umum (seperti trotoar) lebih memadai ketimbang di Kampus Tembalang yang jauh dari Pusat kota.

Meskipun begitu untuk acara-acara skala besar seperti Dies Natalis Universitas maupun Dies Natalis Fakultas dipusatkan di Kampus Tembalang. Unit Pelaksana Kegiatan (semacam ekstrakurikuler tingkat Fakultas) juga dipusatkan di Kampus Tembalang. Untuk luas sendiri, kampus Tembalang jauuuuh lebih luas dibanding kampus Pleburan, yakni kurang lebih 1.300.000m2 berbanding 87,000m2. Untuk informasi lebih lengkap saudara bisa mengunjungi website resminya Undip.ac.id.

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Hasil gambar untuk unnes

Universitas Negeri Semarang adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Semarang. UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi eks-IKIP yang statusnya meningkat menjadi Universitas. Kampus utamanya terletak di daerah Sekaran (Gunungpati), wilayah selatan Kota Semarang, Jawa Tengah. Sementara itu kampus lainnya terletak di Ngaliyan (Semarang), Kelud (Semarang), Bendan Ngisor (Semarang) dan di Kemandungan, Tegal.Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan universitas berwawasan konservasi. Kampus yang memiliki visi menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional ini juga terletak di Semarang.

Universitas yang menjunjung tinggi konservasi ini memiliki cara pandang dan sikap perilaku yang berorientasi pada prinsip konservasi (pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan) sumber daya alam dan nilai-nilai sosial budaya. Prinsip tersebut menjadi landasan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Bereputasi internasional bermakna universitas yang memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi di tingkat internasional.

Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan beberapa program,ada pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi. Lengkapnya Universitas ini memiliki terdapat 85 program studi yang dikelola dalam delapan fakultas dan program pascasarjana. Saudara dapat mengakses website resminya di Unnes.ac.id.

3. Universitas Islam Negeri Walisongo (UINWA)
Hasil gambar untuk uin walisongo
Universitas Islam Negeri Walisongo dahulunya bernama IAIN Walisongo. Kemudian resmi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo sejak 19 Desember 2014 bersamaan dengan dua UIN yang lain, yaitu UIN Palembang dan UIN Sumut. UIN Walisongo secara resmi berdiri pada tanggal 6 April 1970 melalui Keputusan Menteri Agama RI (KH. M. Dachlan) No. 30 dan 31 tahun 1970.
Pada awal berdirinya, Perguruan Tinggi Agama Islam ini memiliki 5 fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah, yakni Fakultas Dakwah di Semarang, Fakultas Syari’ah di Bumiayu, Fakultas Syari’ah di Demak, Fakultas Ushuluddin di Kudus dan Fakultas Tarbiyah di Salatiga. Namun sekarang sudah dipusatkan di Ngaliyan, Semarang.
Keberadaan UIN Walisongo pada awalnya tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan masyarakat santri di Jawa Tengah akan terselenggaranya lembaga pendidikan tinggi yang menjadi wadah pendidikan pasca pesantren. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa Jawa Tengah adalah daerah yang memiliki basis pesantren yang sangat besar.Untuk menggali informasi lebih lengkap, teman-teman bisa langsung mengunjungi halaman resminya di walisongo.ac.id. Atau kalau sudah mantap ingin mendaftar di universitas yang menjunjung tinggi agama ini bisa langsung mendaftar di halaman resminya pmb.walisongo.ac.id/.

4. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

Hasil gambar untuk tentang polines

Politeknik Negeri Semarang merupakan Politeknik terkemuka yang ada di Jawa Tengah. Lembaga Pendidikan ini didirikan atas dasar langkanya tenaga teknisi ahli madya  yang diperlukan oleh industri dan keberhasilan Politeknik mekanik Swiss dan ITB, yang didirikan pada tahun 1976.  Untuk itu tahun 1982 telah dioperasikan 6 buah Politeknik di USU Medan, UNSRI Palembang, UI Jakarta, ITB Bandung, UNDIP Semarang, dan UNIBRAW Malang dengan bantuan Bank Dunia sesuai dengan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 03/Dj/Kep/1979.

Dahulunya sebelum tanggal 6 Agustus tahun 1997 namanya masih Politeknik Universitas Diponegoro, tapi setelah tanggal itu Politeknik Universitas Diponegoro dinyatakan mandiri dan lepas dari manajemen Universitas Diponegoro dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 175/O/1997 dengan namaPOLITEKNIK NEGERI SEMARANG. Kemudian pada tanggal 31 Juli 2002 terbit surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 134/O/2002 mengatur tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Semarang. Untuk situs resminya saudara bisa mengakses website polines.ac.id

Selain keempat Universitas di atas, masih ada tiga universitas lagi yang berada di Semarang. Antara lain, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang (POLTEKKES Semarang), Politeknik STiBISNIS Semarang.

Kolom Komentar

comments