Tujuh Wisata Alam Di Pati Ini Sesuai Dengan Taglinenya, Pati Ngangeni

0
823

Tujuh Wisata Alam Di Pati Ini Yang Sesuai Dengan Taglinenya, Pati Ngangeni – Pati merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang memiliki julukan Bumi Mina Tani ini ternyata menyimpan keindahan alam yang indah.

Kabupaten yang terletak di pesisir pantai pulau Jawa membuatnya memiliki banyak tempat wisata alam. Kurangnya perhatian dari pemerintah daerah untuk mengembangkannya tak lantas mengurangi hasrat masyarakat Pati untuk mengeksplore keindahan alamnya sendiri. Bahkan di beberapa daerah, para pemudan dan masyarakat sekitar bahu membahu membranding sendiri, untuk mereka tawarkan ke para pewisata. Berikut delapan tempat di Pati yang harus kamu kunjungi.

1. Menikmati Kesejukan Di Waduk Gunungrowo

Hasil gambar untuk waduk gunungrowo pati
via www.murianews.com

Waduk yang terletak di lereng Gunung Muria ini ternyata yang masih dalam wilayah Kabupaten Pati. Waduk ini memiliki fungsi utama yaitu sebagai sarana irigasi bagi sawah-sawah di sekitarnya. Namun karena keindahannya, waduk ini banyak dikunjungi warga masyarakat Pati. Banyak pengunjung yang datang ke Waduk Gunung Rowo pada Hari Minggu dan hari libur.

Di waduk ini kamu bisa duduk di gazebo-gazebo yang telah disediakan sambil menikmati keindahan alam, yang mana disekitarnya dikelilingi hutan. Tidak usah khawatir lapar, karena banyak penjual yang menjajakan sajian kuliner khas ikan air tawar.

2. Temukan Kedamaian Di Waduk Seloromo

Hasil gambar untuk waduk seloromo pati
via www.youtube.com

Letak waduk Seloromo ini terletak tidak jauh dari Waduk Gunung Rowo.  Waduk Seloromo juga memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dibanding Waduk Gunung Rowo. Maka tak heran apabila di tempat ini sering dijadikan sebagai obyek bagi penggemar dunia fotografi. Jikalau kamu mengunjungi waduk yang satu ini pastinya akan disuguhkan kedamaian.

3. Menikmati Sunrise Di Pantai Banyutowo, Konon Terbaik di Pulau Jawa Tengah

Hasil gambar untuk pantai banyutowo pati
via beyoung.co.id

Letak Pati yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, membuatnya memiliki panorama pantai yang indah. Salah satu tempat wisata berupa pantai adalah Pantai Banyutowo. Pantai Banyutowo terdapat di Desa Banyutowo, Tayu. Pantai Banyutowo bukanlah pantai dengan pasir dan deburan ombak yang menghantam karang, akan tetapi merupakan pelabuhan yang baru setengah jadi.

Pantai Banyutowo terbiasa di pakai oleh para nelayan untuk menyandarkan perahunya. Waktu terbaik melancong kesini adalah saat fajar. Menikmati sunrise bersama keluarga yang spesial tentu sangat menenangkan. Konon katanya sunrise di Pantai Banyutowo merupakan sunrise terbaik di pulau Jawa tengah.

4.Temukan Keceriaanmu Kembali, Di Kawasan Wisata Jolong

Hasil gambar untuk wisata jolong pati
via www.ticpati.com

Wisata Jolong merupakan sebuah wisata terpadu. Terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati di kawasan wisata ini seperti bumi perkemahan, outbound, agrowisata, Air Terjun Grenjengan. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Muria membuatnya memiliki suasana yang sejuk, apalagi banyak ditumbuhi pepohonan yang besar.

Favorit para pengunjung adalah Air Terjun Grenjengan. Yang mana memiliki air yang mengalir sangat jernih dan suasana yang menyejukkan. Di sekitar wisata ini dapat anda lihat perkebunan kopi yang dikelola oleh PTPN IX. Buruknya akses menuju wisata Jolong membuat para pihak terkait untuk segera melakukan pembenahan.

5. Nikmati Kesunyian Goa Pancur

Hasil gambar untuk goa pancur kayen
via www.youtube.com

Goa Pancur merupakan goa alam yang terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Goa ini memiliki pemandangan yang indah yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang goa. Di dalam goa ini juga terdapat aliran sungai yang kedalamannya mencapai sepinggang orang dewasa. Untuk mengeksplore tempat ini, Kamu dapat menggunakan jasa pemandu wisata lokal agar dapat menunjukkan jalan yang aman serta dapat menceritakan berbagai hal yang ada seputar Goa Pancur ini.

6. Secuil Surga Tersembunyi Di Air Terjun Tadah Hujan

Hasil gambar untuk air terjun tadah hujan pati
via sapasurya.blogspot.com

Gunung Kendeng yang berupa pegunungan kapur yang mana masih dalam cakupan Kabupaten Pati. Di Gunung Kendeng ini terdapat sebuah tempat wisata yang masih tersembunyi di Kabupaten Pati yaitu air Terjun Tadah Hujan. Air terjun Tadah Hujan memiliki tinggi sekitar 75 meter. Karena akses jalan yang belum begitu bagus maka temat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun jika anda menginginkan suasana yang sunyi, dengan pemandangan alam yang elok, maka anda dapat berpetualang mencari keberadaan Air Terjun Tadah Hujan ini.

7. Mencari Kerang Di Pantai Cinta

via facebook Uliel Cemenk

Pantai ini berada di Dukuh Selempung, Desa Dukuhseti, Kecamtan Dukuhseti. Letak Pantai Cinta tidak jauh dari Pantai Banyutowo, kurang lebih 3 menit perjalanan. Pantai ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun masyarakat sekitar menganggap biasa saja. Ditambah kurangnya informasi terhadap publik, maka seakan tertutup dari dunia luar.

Pantai ini mulai buming kurang lebih dua bulan yang lalu. Ketenaran pantai ini dimulai dari semangat para pemuda sekitar yang membranding dengan mengirimkan foto ke berbagai media sosial. Ternyata mendapat perhatian yang sangat antusias dari publik. Di laut sekitar Pantai Cinta biasanya digunakan para penduduk sekitar untuk mencari kerang, apalagi kekayaan alam di pantai ini sudah melegenda sejak dahulu. Kamu pun bisa juga mencari kerang, cukup dengan cara menggali-gali pasir di sekitar pantai.

 

Kolom Komentar

comments