Berpikir Besar – Think Outside The Box

0
226

Berpikir Besar Think Outside The Box – Berpikir tanpa batas dapat membawa perubahan yang besar, baik untuk diri sendiri, orang lain, lingkunga, bahkan dunia. Selain itu dengan pemikiran yang bebas akan lahir perbaikan sistem yang tertata lebih rapi, mengubah kebiasaan yang buruk, hingga menciptakan sejarah baru.

Untuk menciptakan perubahan tersebut diperlukan orang-orang yang berpikir besar dan terbuka agar sistem menjadi lebih baik. Untuk berpikir besar think outside the box merupakan kemampuan yang dapat dilatih. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh generasi muda yang memiliki kreativitas dan mampu berpikir terbuka untuk membawa perubahan ke arah yang lebih besar. Hal-hal tersebut dapat dilatih melalui beberapa hal diantaranya.

1. Berbeda dan mampu mengubah persepsi teman

Sumber gambar diakses via www.transerainc.com

Persepsi orang tentang sesuatu biasanya hadir dari lingkungan sekitar yang sudah disepakati sebelumnya. Misal saja, persepsi umum putih itu bersih, tetapi orang-orang yang berpikir bebas Namun, bagi mereka yang berpikir besar terbuka kemungkinan bahwa putih selalu identik dengan bersih.

2. Tidak membatasi diri dengan peraturan, tetapi tetap teratur

Sumber gambar diakses via markedpromo.com

Salah satu cara berpikir besar yakni tidak membiarkan diri dibatasi dengan peraturan lembaga atau masyarakat. Namun, juga harus tetap teratur dan pembuat masalah. Hanya saja kita harus berpikir akan berbagai permasalahan yang ada dan mencari solusinya.

3. Mengasah pola pikir inovatif dan kreatif

Sumber gambar diakses via transferoflearning.com

Berpikir kreatif dan inivatif merupakan hak setiap orang untuk melahirkan ide-ide yang baru. Contohnya ialah Anda bisa mencari cara lain untuk mengerjakan soal-soal matematika tanpa patokan rumus dari guru.

4. Menghindari tekanan dari lingkungan

Sumber gambar diakses via www.wpdailythemes.com

Ide-ide baru biasanya muncul dari sebuah pertemuan atau rapat kerja seringkali dimentahkan oleh rekan lain atau atasan karena mereka berpikir itu sulit atau ada konsekuensi besar yang harus ditanggung. Bagi orang yang berpikir bebas, mereka tidak mau idenya mati begitu saja.

Kolom Komentar

comments