Taukah, Kopi Pengendali Rasa Lapar Terbaik

1
9
(Kopi pagi port Sape, Bima.NTB source mbahmarley - WordPress.com)

Taukah, Kopi Pengendali Rasa Lapar Terbaik – Bagi Anda penikmat kopi, pasti sedikit banyak telah memahaminya. Sebagaimana dilansir dalam DetikHealth (29/06/2017) secangkir kopi di pagi hari menyimpan rahasia ramping ideal, khususnya bagi yang susah mengontrol nafsu makan. Penelitian membuktikan kandungan kopi bisa bereaksi dengan reseptor rasa lapar di otak.

Penelitian eksperimental di Huazhong University of Science and Technology tersebut menunjukkan bahwa tikus-tikus lebih sedikit menunjukkan rasa lapar setelah mendapat asupan kafein. Mereka juga jadi lebih aktif bergerak.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan menggunakan tikus-tikus hyperphagic yakni memiliki nafsu makan berlebihan. Tikus-tikus gemuk tersebut memiliki risiko makan berlebih dan intoleransi glukosa. Pemindaian menunjukkan adanya aktivitas tidak normal di otaknya.

Setelah pemberian kafein, terjadi perubahan pada reseptor adenosin di otak. Bagian yang bertanggung jawab atas keseimbangan energi dan rasa lapar tersebut jadi lebih terkontrol.

Dampak yang terlihat cukup memuaskan. Tikus-tikus tersebut menjadi lebih jarang makan, dan sebaliknya jadi makin rajin olahraga.

Baca juga Waktu Terbaik Menikmati Kopi

“Pemberian kafein selama 2 pekan secara signifikan menurunkan berat badan pada tikus-tikus gemuk yang diinduksi diet,” tulis para ilmuwan seperti dikutip dari News.com.au.

Sebelumnya, berbagai penelitian telah membuktikan adanya efek positif kafein pada penurunan berat badan. Namun mekanismenya belum diketahui pasti. Temuan kali ini membuka peluang obat pelangsing yang manjur, meski masih terlalu dini untuk mengarah ke sana.

Baca juga 14 Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh

Kolom Komentar

comments