Suka yang Basah-Basah? Ke Sungai Mudal Saja

0
40

Di Kulon Progo, tepatnya di Kecamatan Girimulyo, terdapat sebuah genangan air berwarna biru toska bernama Taman Sungai Mudal yang kini lagi cantik-cantiknya. Nah, kalau kamu besok ingin jalan-jalan di Jogja, cobalah mampir ke sini.

Mudal merupakan titik mata air yang berasal dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, sumber air ini mengalir melalui pipa-pipa dan bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Jatimulyo. Karena saking jernihnya, warga setempat berinisiatif untuk mengembangkan desa wisata. Selain Taman Sungai Mudal, tepat di bawahnya terdapat spot bernama Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut yang sebenarnya hampir-hampir mirip.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang, bersantai, ngadem cantik atau sekedar foto-foto. Keindahan Taman Sungai Mudal sangat pas jadi background penghias foto di Instagram-mu. Taman Sungai Mudal masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Itulah mengapa fasilitas yang ada terus dikembangkan.

Nah, Taman Sungai Mudal ini sangat tepat kamu kunjungi saat musim hujan seperti sekarang. Debit airnya akan meningkat tapi tak membahayakan. Ditambah, bunga-bunga anggrek yang mekar di sepanjang jalan, akan buatmu betah berlama-lama.

Selain dimanjakan dengan birunya air, kamu juga bisa melihat gazebo-gazebo beratap ijuk serta area camping ground berlatar tebing batu Gunung Kelir. Bila beruntung kamu juga akan melihat kera ekor panjang yang sedang mencari makan.

Akses untuk ke Taman Sungai Mudal terbilang mudah dan cukup aman, jadi tak perlu khawatir. Selain itu, rute jalannya pun tak begitu sulit meski lokasinya sedikit mblusuk. Kamu bisa langsung ke Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Kalau bingung kamu bisa gunakan Google Maps atau GPS. Untuk tiket masuknya gratis, tapi kamu harus bayar parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000.

Kolom Komentar

comments