Peta Persaingan SNMPTN 2017

1
726

Lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan memang menjadi impian sebagian besar pelajar di Indonesia. Seleksi yang didasarkan pada nilai akademik selama sekolah yang dibuktikan dengan raport, nilai murni Ujian Nasional serta poin prestasi non akademik siswa yang ditunjukkan dengan piagam penghargaan tersebut memang menjadi indikator tersendiri bahwa pelajar yang lolos seleksi SNMPTN merupakan siswa-siswi pilihan yang berprestasi.

Tidak main-main, seleksi yang dilakukan oleh panitia SNMPTN nasional benar-benar ketat. Hanya sekolah-sekolah favorit yang telah memenuhi kualifikasi tertentulah yang dapat mendaftarkan siswa-siswinya untuk mengikuti SNMPTN. Alhasil, banyak sekali sekolah-sekolah yang sudah gugur karena tidak memenuhi persyaratan sebagai sekolah peserta SNMPTN.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah nilai piagam penghargaan yang telah kamu peroleh. Jika piagam tingkat nasional bahkan internasional sudah kamu kantongi, sangat yakin pasti lolos SNMPTN. Karena memang ada poin tertentu yang menjadikan pertimbangan panitia. Namun, jika tidak ada piagam penghargaan sama sekali yang kamu unggahkan ke borang formulir SNMPTN sudah bisa dipastikan kamu akan kalah bersaing dengan pelajar lain yang prestasinya jauh lebih banyak.

Selain itu, SNMPTN memang menjadi misteri tersendiri karena banyak pula pelajar yang tidak terlalu menonjol justru lolos, sedangkan siswa yang selalu menjadi bintang kelas malah terhempas dari seleksi. Kembali pada ketentuannya, selain memandang prestasi siswa, SNMPTN juga memperhatikan peluang persaingan peminatannya. Sehingga pemilihan jurusan saat mendaftar SNMPTN juga berpengaruh besar terhadap tingkat peluang diterima masuk perguruan tinggi.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengatakan ada 101.906 calon mahasiswa yang lulus proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 517.166 siswa yang mengikuti SNMPTN. Hal itu berarti setiap satu orang harus berebut dengan lima orang yang lain. Apalagi distribusi pendaftar tersebut tidak menyebar merata, sehingga sangat dimungkinkan perebutan pendaftar disebuah perguruan tinggi tertentu sangat tinggi sangat mungkin lebih dari 1:5.

SNMPTN bukanlah gerbang satu satunya, masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang terbuka didepan mata. Pupuk kembali semangat, dan teruslah memperjuangkan impian. Karena jalan setiap orang berbeda dalam meraih cita-cita, semangat!

Kolom Komentar

comments