Seberapa Jauh Pengaruh Ponsel Bagi Kesehatan

0
151
Sumber gambar via m.tempo.co

Seberapa Jauh Pengaruh Ponsel Bagi Kesehatan – Saudara tentu sudah pernah mendengarmengenai bahaya dalam menggunakan handphone. Misalnya, terlalu sering menunduk melihat layar ponsel dapat berdampak ke postur tubuh. Selain itu juga semakin seirng memandang layar ponsel akan membuat mata tegang dan beresiko gangguan mata atau penglihatan minus.

Selain beberapa dampak diatas, ternyata ponsel juga dapat mengganggu tidur dengan paparan cahaya dari layar yang mengubah ritme sirkadian tubuh sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes, kanker, dan obesitas. Dampak terhadap tidur ternyata akan lebih parah lagi jika anda menggunakan ponsel ketika malam hari. Karena ponsel dapat megurangi produksi zat melatonin, yang berfungsi membantu tidur nyenyak.

Mengurangi intensitas penggunaan ponsel memang tidak mudah. Dalam halamannya, Kamis (16/6/2016) Glamour, bermain game dapat menyebabkan otak melepaskan dopamin yang efeknya sama kecanduan nikotin.

Study terbaru dari Pew menemukan 93 persen individu usia 18 hingga 29 menggunakan ponsel dalam rangka mengatasi kebosanan. Sementara 47 persen lainnya menggunakan ponsel untuk menghindari interaksi dengan orang sekitar. Jika begini, berarti ponsel telah mengurangi minat dan gairah bercengkrama antara manusia

Namun tak semua studimenghasilkan dampak buruk bagi pengguna ponsel. Studi yang dilakukan oleh Pew lainnya mengungkap 52 penduduk Amerika menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi seputar kesehatan dan medis. Melihat beberapa dampaknya, alangkah baiknya mulai sekarang semakin bijak dalam menggunakan ponsel .

Kolom Komentar

comments