Enam Pekerjaan Bagi Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan

0
167
via www.hipwee.com

 

Enam Pekerjaan Bagi Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan – Masa menjadi mahasiswa adalah masa dimana pengeluaran sangat banyak. Dengan tidak terkendalinya pengeluaran diawal atau tengah bulan sering mewajibkan seorang mahasiswa harus nge-camp di angkringan. Atau bagi mereka yang punya cita rasa tinggi masih memaksakan untuk tetap makan bergizi, pagi makan nasi goreng, siang soto ayam, dan malam makan rendang, semuanya terbungkus dari satu nama, Indomie.

Untuk mengatasi masalah itu ada beberapa terobosan untuk mengurai kekurangan budget bagi kawan-kawan mahasiswa. Yaitu dengan mencari pekerjaan untuk mendapatkan pendapatan sebagai tambahan uang jajan. Berikut beberapa pekerjaan yang dapat membantu kesulitan budget mahasiswa tapi tidak memberatkan.

1. Penulis Cerpen

Hampir setiap minggu ada banyak media yang menerima cerpen dengan honor 150.000 – 1500.000. Hal tersebut sangat bisa saudara lakukan, karena saudara tinggal mengirimkan karya ke email atau alamat penerbit. Tinggal menunggu beberapa waktu untuk mendapat konfirmasi apakah akan dimuat atau belum layak dimuat.

2. Penulis Esai/Artikel

Tidak hanya Cerpen, setiap minggu ada beberapa media massa, komunitas mahasiswa dan lembaga lain juga sering membuka kesempatan bagi publik untuk mengirimkan esai atau artikelnya. Biasanya esai atau artikel dengan honor sekitar 200.0000-3.000.000.

3. Karya Tulis Ilmiah

Hampir setiap bulan ada beberapa media yang mengadakan kegiatan semacam ini. Sebut saja dikti, BI, Mahkamah Agung, Depkumham dll dan yg lebih sering komunitas ilmiah mahasiswa. Ada uang pembinaan dr 1 jt-20 jt.

4. Penulis Blog

Dewasa ini industri penulisan artikel online sangat berkembang. Sehingga tinggal saudara dapat memanfaatkannya atau tidak. Berbagai jenis tulisan bisa masuk ke dalam beberapa websait.  Ada honor 35 rb-150 rb tiap minggunya.

5. Guru Les Privat

Tidak jauh-jauh dari kampus saudara biasanya banyak berdiri lembaga les privat. Dengan begitu saudara bisa gabung dengan banyak lembaga privat yang menyediakan dana sebesar 25.000-50.000 untuk setiap pertemuan. Lama pertemuan biasanya 1,5 jam, dan selama satu minggu biasanya 1-3 kali pertemuan. Tergantung kesepakatan.

6. Freelance (pekerja lepas / paruh waktu)

Menjadi pekerjaan paruh waktu adalah yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa. Anda biasanya akan digaji 50 rb sampai 150 untk satu kali kerja. Pekerjaan yang sering dilakukan adalah dengan menjadi penunggu warung kopi, pelayan cattering, atau kepanitiaan sebuah event tertentu.

 

Kolom Komentar

comments