Partai Pilihan Ridwan Kamil

0
49

Pemilihan kepala daerah serentak 2017 telah berlalu, meski dibeberapa kota terjadi dua kali putaran, namun gaungnya tak seramai putaran pertama. Kini suara bising mulai terdengar dari salah satu provinsi yang tak jauh dari Ibu Kota Negera, tepatnya Jawa Barat. Pada tahun 2018 Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak. Nama-nama bakal calon kandidat kepala daerah telah menyeruak ke permukaan, diantaranya adalah Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Sosok muda yang terkenal dekat dengan masyarakat tersebut, kini menjadi incaran banyak Partai Politik. Kang Emil, panggilan akrabnya memang terkenal bersih dan memiliki inovasi-inovasi dalam membangun kota Bandung. Dibawah kepemimpinannya, pembangunan dan penantaan Kota Bandung berhasil berjalan dengan pesat. Sehingga tak heran pada awal tahun 2017, Kota Bandung kembali mendapatkan penghargaan atas prestasinya dalam perolehan nilai A dalam Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP Kabupaten/Kota).

Tidak hanya sebatas penghargaan, pembangunan fisik maupun manusia di Kota ini meningkat drastis. Pada tahun 2016, Kota Bandung dinobatkan sebagai Kota Paling Islami, pelopor smartcity, kota ramah muda mudi, dan masih banyak lainnya. Kurang dari 3,5 tahun masa kepemimpinannya, Bandung telah memperoleh lebih dari 225 penghargaan. Kini Kang Emil menjadi sosok tokoh negara yang banyak diidolakan oleh kaum muda. Berangkat dari hal itu, banyak yang berpendapat bahwa Kang Emil sudah layak menjadi gubernur Jawa Barat Kedepan. Lalu, partai apa yang akan menjadi kendaraan berpolitik Ridwan Kamil?

Posisi Ridwan Kamil saat ini bukan kader partai manapun. Padahal untuk dapat menjadi bakal calon gubernur salah satu caranya dengan adanya dukungan dari Parpol. Nasdem menjadi partai pertama yang dengan terang-terangan mendeklarasikan diri mendukung Ridwan Kamil. Minggu (19/03) kemarin, Partai Nasdem telah melakukan deklarasi dukungan kepada Kang Emil di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega, Kota Bandung. Emil menyambut baik dan mengapresiasi Partai Nasdem yang telah meminangnya tanpa mahar untuk diusung sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

 

Pentolan Partai Nasdem mengatakan bahwa dirinya siap berkomunikasi dengan partai politik yang lain untuk bersama-sama mendukung Emil. “Sudah (komunikasi dengan parpol lain), tapi tidak saya sebutkan hari ini. Saya yakin sekali akan banyak kawan-kawan dari parpol mempunyai aspirasi yang sama untuk memberikan dukungan kepada Kang Emil,” kata Surya usai menghadiri deklarasi Ridwan Kamil Cagub Jabar

Menurutnya, Nasdem sudah bulat menjagokan Emil karena diyakini sebagai putra terbaik Jawa Barat. “Partai Nasdem telah menemukan putra terbaik di Jabar yaitu Ridwan Kamil. Setelah diumumkan hari ini, kami semaksimal mungkin bekerja agar Kang Emil terpilih sebagai gubernur Jabar mendatang,” ujar.

Meskipun demikian, masih banyak partai lain yang belum ambil sikap untuk mengeluarkan jagonya di ajang Pilkada 2018. Hal tersebut memang sah-sah saja salam berpolitik, karena realitanya memang sangat dinamis. Untuk itu, Kang Emil belum menyatakan sikap secara tegas untuk maju ke kursi Jabar Satu. “Sekarang ini sudah banyak partai politik yang menjalin komunikasi, semuanya saya tanggapi dengan baik, namun untuk mendeklarasikan diri belum, takutnya kalau ke GR an, kalau sudah GR nanti jadi baper,” kata Kang Emil, yang banyak dijuluki sebagai bapak instagram Indonesia ini.

Kolom Komentar

comments