Microsoft Rilis 3 Malware Berbahaya yang Paling Banyak Menyerang Komputer di Indonesia

0
109

Microsoft Rilis 3 Malware Berbahaya yang Paling Banyak Menyerang Komputer di Indonesia – baru-baru ini salah satu perusahaan terbesar di dunia Microsoft mengumumkan Malware Infection Index 2016, sebagai salah satu studi yang mengidentifikasi serangan malware pada komputer-komputer di negara Asia Pasifik. Dalam penjelasannya disebutkan tiga malware yang berhaya dan banyak menyerang komputer di wilayah tersebut diantaranya adalah  Skeeyah, Gamarue, dan Peals.

Berdasarkan temuan dari Microsoft Malware Protection Center (MMPC) dan Microsoft Security Intelligence Report, Gamaru adalah worm jahat yang menyerang perangkat komputer yang di distribusikan melalui rekayasa sosial.

Sedangkan, Skeeyah dan Peals adalah sejenis trojan yang biasanya tidak dapat dilihat sebagai file yang berbahaya dan menyebabkan pengguna akhirnya memasangnya.

Malware ini sangat berbahaya karena dapat mencuri informasi pribadi, jika mendownloadnya dan memberikan akses pada para havker untuk membobol dan menggunakan komputer pribadi kita.

Gamarue sendiri sangat umum ditemukan diwilayah ASEAN termasuk di Indonesia. Bahkan di malware ini bisa ditemukan diseluruh dunia pada tahun 2015 lalu. Yang menakjubkan dari malware ini adalah 20% perangkat komputer di Indonesia pada kuartal keempat sudah terjangkitnya.

Yang paling berbahaya dari Gamarue adalah mengambil informasi secara ilegal dari perangkat komputer lokal serta terkomunikasi dengan server command-and-control yang dikendalikan hacker.

Sedangkan Trojan Skeeyah dan Peals memberikan ancaman diantaranya untuk modus penipuan yang menggunakan perangkat komputer anda, yakni dengan cara mencuri username serta riwayat browsing.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Sebenarnya tidaklah sulit yakni dengan melakukan update software yang kita gunakan menggunakan versi asli. Kemudian gunakan anti-malware yang aman dan terpercaya.

Selain itu, para pengguna layanan internet dapat menggunkan cara-cara sederhana seperti log ut dan tidak menyimpan kata sandi, hapus history secara kontinu.

Kolom Komentar

comments