Sudah Kuliah? Jangan Bingung dan Takut Jadi Mahasiswa Aktif Ya!

0
282

Sudah Kuliah? Jangan Bingung dan Takut Jadi Mahasiswa Aktif Ya!, Kesuksesan seorang mahasiswa dalam dunia perkuliahan, tidak hanya diukur dari nilai IPK yang tinggi semata. Namun, utamanya kesuksesan mahasiswa juga berkaitan juga dengan nilai kebermanfaatan mereka bagi sesama.

Namun, saat ini kebanyakan mahasiswa justru kerap merasa kebingungan untuk menyesuaikan diri sehingga mereka memilih untuk menjadi pasif dan acuh akan kehidupan di sekitarnya. Penyebabnya beragam, seperti karena belum punya teman baru, sistem belajar yang berbeda, hingga belum terbiasa hidup mandiri.

Padahal, merugi besar jika mahasiswa tidak aktif didalam kampus, dan memilih diam hanya menjadi penonton saja. Ingatlah kampus adalah ‘kawah candradimuka’ dimana mahasiswa dapat menemukan segalanya. Masa kuliah merupakan momen berharga dimana seseorang bisa mengembangkan potensi yang ada di dalam diri guna mengasah hard skill dan soft skill.

Selain menambah jaringan, menjadi mahasiswa aktif  akan memberikan banyak pengalaman berharga. Oleh karena itu, usahakan Anda jadi mahasiswa yang aktif saat kuliah. Jangan pernah takut untuk memilih aktif dalam banyak kegiatan. Meskipun beresiko jika Anda tidak mampu memanajemen diri, namun anggap saja semua itu tantangan untuk selalu belajar.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dan takut menjadi mahasiswa aktif. Cobalah beberapa hal ini untuk membuat dirimu maju dan berkembang.

1. Aktif dalam organisasi

Image result for mahasiswa aktif
Sumber diakses via bidikutama.com

Bergabung dan aktif dalam organisasi kampus, seperti Hima, BEM, maupun BSO, sudah pasti akan membuat Anda memiliki nilai lebih. Aktif dalam organisasi akan mengasah softskill Anda, mulai dari komunikasi, manajemen, hingga kepemimpinan.

2. Jadi panitia acara dan kegiatan

Image result for mahasiswa aktif
Sumber diakses via imam-mucholis.blogspot.com

Jika Anda tidak bisa aktif dalam suatu organisasi namun ingin tetap aktif. Cobalah aktif dalam berbagai kepanitian di kampus. Pilih acara yang Anda minati. Jika sudah masuk, Anda harus bisa berkomitmen mendukung acara hingga tuntas. Dengan aktif dalam berbagai kepanitian juga akan mengasah dan mempertajam bakatmu.

3. Jadi mentor

Image result for mahasiswa aktif
Sumber diakses via news.okezone.com

Bagi Anda yang unggul dalam hal akademik, tidak ada salahnya untuk aktif menjadi mentor bagi teman lainnya. Bisa juga manfaatkan kemampuan Anda untuk melakukan pengabdian masyarakat agar ilmu yang Ada peroleh dapat berguna bagi sesama.

4. Bergabung dalam UKM

Image result for AKtif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa
Sumber diakses via unnes.ac.id

Anda juga bisa aktif dalam berbagai UKM yang ada di kampus. Kelebihan UKM yakni dapat disesuakan dengan bidang yang Anda minati. Misalnya, Anda yang suka bermain musik dapat bergabung dalam UKM musik. Banyak sekali pilihannya.

5. Mahasiswa berprestasi

Image result for mahasiswa aktif
Sumber diakses via ahmadnasikun.wordpress.com

Bagi Anda yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik, maka apa salahnya untuk mencoba menjadi mahasiswa berprestasi untuk mewakili kampusmu. (EI)

Semua pilihan ada ditanganmu, utamanya adalah saling menghormati dan menghargai!.

Kolom Komentar

comments