Ingatlah, Mahasiswa Sukses Aktif dalam Banyak Kegiatan

0
273
Mahasiswa Sukses
Mahasiswa…via hipwee.com

Ingatlah, Mahasiswa Sukses Aktif dalam Banyak Kegiatan, Dewasa ini persaingan dalam dunia kerja semakin ketat, terlebih dengan mulai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Keadaan ini memang memaksa setiap orang untuk mampu bersaing dengan bangsa lain tak terkecuali mahasiswa.

Mahasiswa, harus memahami bahwa untuk meraih kesuksesan dan bersaing dengan bangsa lain dalam hal kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tidak hanya dituntut memiliki IPK yang tinggi dan lulus tepat waktu saja. Mahasiswa sebagai generasi penerus (iron stock) juga berkewajiban untuk aktif dalam berbagai kegiatan untuk mengasah softskill, hardskill, dan kepekaan mereka terhadap perkembangan di luar dunia akademik.

Jangan heran jika pada akhirnya mahasiswa yang sukses adalah mereka yang aktif dalam banyak kegiatan non akademik, mulai dari aktif di UKM, organisasi intra kampus, ekstra kampus, pengabdian, penelitian, hingga kewirausahaan.

Untuk mendukung itu semua memang diperlukan niat dan tekad dari mahasiswa untuk selalu maju, belajar, dan berkembang. Selain itu, dosen juga memiliki peranan penting dengan memberikan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswanya agar tidak hanya melulu soal akademik didalam kelas saja. Dosen harus mampu menempatkan diri mendorong mahasiswa mengenai pentingnya kegiatan di luar perkuliahan.

Banyak sekali pilihan untuk menjadi mahasiswa aktif (baca juga: Sudah Kuliah: Jangan Bingung dan Takut Menjadi Mahasiswa Aktif). Berbagai kegiatan tersebut juga akan menjadikan mahasiswa pribadi yang unggul dengan kompetensi kepemimpinan yang baik. Bahkan, dengan aktif dalam berbagai kegiatan akan mengantarkan mereka menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama melalui nteraksi dengan masyarakat.

Jumlah mahasiswa yang saat ini hampir mencapai tujuh juta orang ini diharapkan mampu menjadi tulang punggung bangsa Indonesia kedepan. Ingatlah, kuliah tidak hanya mengejar nilai saja, tapi bercita-citalah untuk memajukan bangsa ini dengan cara-cara yang mulia, mulai dari menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak bergantung pada orang lain.

Kolom Komentar

comments