gunung-telomoyo

Berada di antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, terdapat sebuah spot kece nan hits untuk melihat matahari terbit. Spot yang tak kalah epic dari Punthuk Setumbu atau Bukit Rhema ini rasanya sayang sekali bila tak kamu kunjungi saat jalan-jalan ke Jawa Tengah. Namanya Gunung Telomoyo, atau biasa warga sekitar menyebutnya Gunung Pemancar.

Berbeda dengan gunung-gunung lain, di Telomoyo kamu tak harus bercapek-capek ria untuk mendaki dan melihat pesona sunrise-nya. Untuk sampai puncak, kamu bisa menggunakan motor atau mobil dengan waktu tempuh satu jam saja dari pintu pos.

Akses jalannya pun lumayan mudah, tak sesulit saat kamu mendaki gunung-gunung besar di Jawa Tengah. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan suasana alam yang mendamaikan -dan paling tidak bisa jadi penawar letihmu.

14334452_335724220100902_8276958499779379200_n

Ada juga sebuah curug tak bernama yang bisa kamu ajak selfie atau istirahat. Nah, saat sampai di puncak, kamu akan melihat banyak sekali tower dan pemancar yang tentu saja masih beroperasi hingga kini. Itulah mengapa warga sekitar lebih suka menyebutnya Gunung Pemancar ketimbang Gunung Telomoyo.

Rute menuju Gunung Telomoyo juga tak terlalu sulit. Bila dari Magelang, kamu langsung ke arah Pasar Ngablak, sekitar 2 km ada pertigaan, belok kiri ikuti arah Dalangan. Nah, sekitar 3 kilo-an, kamu akan melihat pertigaan, langsung ambil kiri. Lurus terus sekitar 1.5 km sampai kamu melihat jalan kecil di kanan jalan. Ada papan informasi ke arah Stasiun Pemancar. Itulah jalan satu-satunya menuju Puncak Telomoyo. Atau kamu bisa langsung gunakan Google Maps di ponselmu; search Gunung Telomoyo.

Kolom Komentar

comments