Gagal SNMPTN, Perjuangan Belum Berakhir, Segera Lakukan Ini!

0
58
Informasi SNMPTN-SBMPTN 2017/Belmawa Ristekdikti

Gagal SNMPTN, Perjuangan Belum Berakhir, Segera Lakukan Ini!

Bukan Akhir, Tapi Awal!

“Semua Mimpimu Akan Terwujud Asalkan Kamu Punya Keberanian Untuk Mengejarnya.” (Walt Disney) – itulah sedikit adigium yang gatuk untuk menggambarkan bahwa perjuangan seseorang untuk menggapai mimpinya bisa dilakukan melalui banyak jalan. Ya, termasuk bagi siswa-siswi SMA sederajat di seluruh Indonesia yang hendak melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri, dan belum berkesempatan lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 sudah bisa dilihat sejak Rabu (26/4/2017). Peta persaingan yang begitu ketat, memang mengharuskan satu-siswa dan siswa lainnya bersaing untuk memperebutkan satu kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan (Baca juga – Peta Persaingan SNMPTN 2017). Banyak yang lolos, namun banyak juga yang belum berkesempatan lolos.

Ingat diawal tadi, bagi calon mahasiswa yang belum lolos, masih banyak jalan untuk mengejar masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian (Baca juga – 10 PTN Terfavorit di SNMPTN 2017). Maksimalkan setiap usaha kuncinya.

Lewat kesempatan lain, peserta bisa ikut seleksi jalur tertulis melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. SBMPTN akan dilaksanakan 16 Mei 2017 mendatang. Namun, penting untuk segera mendaftar karena registrasi akan ditutup pada 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB atau saat kuota sudah terpenuhi.

Pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dan informasi lengkap bisa dilihat melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Kemudian, seluruh tata cara pengisian untuk pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan bisa diunduh pula dari laman http://download.sbmptn.ac.id.

Simak dengan Baik Proses Seleksi!

Hasil gambar untuk sbmptn 2017

Sebagai informasi, proses seleksi SBMPTN akan mengadaptasi ujian melalui Computer Based Testing (CBT), selain paper based testing (PBT) seperti tahun-tahun sebelumnya.

CBT adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan alat bantu komputer. Dengan demikian, peserta ujian tak lagi berkutat dengan kertas lembar jawab, tetapi semua dikerjakan di komputer. Mereka membaca soal di layar komputer dan mengisi jawaban langsung di sana. Proses seperti ini sudah dilakukan sejak 2016.

Sebanyak 85 PTN yang akan berpartisipasi dalam ujian seleksi tersebut. Kuota program studi (prodi) yang disediakan pun totalnya 2.954 dengan jumlah 1.563 untuk prodi Sains dan Teknologi (Saintek) dan 1.391 untuk prodi Sosial Humaniora (Soshum).

Total daya tampung SBMPTN 2017 juga lebih banyak dari SNMPTN 2017. Dalam SMBPTN tersedia 128.244 kursi dengan rincian 63.685 untuk Saintek dan 64.559 kursi bagi mahasiswa Soshum.

Selain SBMPTN, masing-masing PTN juga membuka jalur seleksi mandiri. Melalui jalur tersebut, kuota mahasiswa diterima berjumlah 30 persen dari total daya tampung tiap universitas. Good luck!

Kolom Komentar

comments