Kabar Baik, Facebook dan Twitter akan Hapus Status yang Menebar Kebencian Secara Otomatis

0
95
Sumber diakses via www.telegraph.co.uk

Facebook dan Twitter akan Hapus Status yang Menebar Kebencian Secara Otomatis – Waspadalah, bagi pengguna Facebook, Twitter, YouTube Google, dan Microsoft yang memiliki hobi ceplas-ceplos dan menebarkan status/post yang menebarkan kebencian perlu berhati-hati. Penebar kebencian melalui berbagai sosial media tersebut selain dapat dikenai ancaman pidana jika tidak mengindahkan teguran dari kepolisian, saat ini empat sosial media terbesar didunia tersebut telah berjanji meninjau berbagai permintaan tentang konten yang menebarkan kebencian yang di post melalui platform mereka dalam jangka waktu 24 jam sebagai bentuk kode etik yang telah disepakati dengan regulator Uni Eropa.

Berbagai pihak berwenang yang berada di seleruhu Uni Eropa setidaknya telah berupaya dalam beberapa waktu terakhir ini untuk memperoleh berbagai platform sosial media guna menindaklanjuti meningkatnya status atau postingan yang berbau SARA secara online, kebencian pada krisis pengungsi dunia, bahkan ditemukan beberapa ancaman terhadap sebuah perusahaan.

Vera Jourova sebagai Komisaris Kehakiman Eropa, menyatakan bahwa proses penanganan akan berbagai postingan/status yang menebarkan kebencian ini dilakakukan berdasarkan adanya data yang menunjukan meningkatnya penggunaan sosial media yang dilakukan oleh kelompok-kelompok radikal dan teroris dikalangan generasi muda yang menyebarkan kebencian dan kekerasan.

BahkanKomisi Eropa tersebut mengungkapkan bahwa keempat penyedia layanan sosial media tersebut akan melakukan peninjauan ulang tentang mayoritas pemberitahuan yang berlaku guna menghapus postingan/status penebar kebencian dalam waktu kurang lebih 24 jam. Status/postingan tersebut akan dinonaktifkan bagi para pengguna lainnya dalam mengakses konten-konten tersebut.

Kolom Komentar

comments