Delapan Manfaat Wedang Jahe yang Perlu Kamu Tau

0
174

Aromanya yang khas, disertai dengan rasanya yang unik dan sedikit pedas, membuat tanaman jahe sering dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa pada makanan. Namun, tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai minuman dengan cara diseduh layaknya teh.

Wedang jahe, atau air jahe yang biasa kita kenal ini, selain nikmat diminum pada cuaca dingin atau saat masuk anging, ternyata air jahe juga mempunyai berbagai manfaat lain yang dapat berguna bagi kesehatan. Berikut manfaat-manfaat air jahe yang perlu kamu ketahui.

1. Mengurangi tingkat stress dalam diri.
Kandungan dan aroma yang dimiliki jahe dapat berguna untuk meredakan rasa tegang pada saat stress. Buat kamu yang sedang dikejar deadline, cocok banget nih bila ditemani dengan secangkir air jahe hangat.

2. Minum air jahe bisa meredakan sakit saat menstruasi.
Untuk para wanita yang sering merasakan nyeri di bagian perut dan punggung saat menstruasi, air jahe merupakan minuman yang tepat untuk mengatasi gangguan tersebut. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMC Complementary and Alternative Medicine di tahun 2012 menemukan bahwa, wanita yang meminum air jahe tiga kali sehari pada saat menstruasi, terbukti rasa nyerinya jauh lebih berkurang ketimbang mereka yang mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

3. Air jahe juga meredakan rasa mual.
Menurut University of Maryland Medical Center, jahe dapat mengatasi berbagai jenis mual, mulai dari mabuk perjalanan, morning sickness pada masa kehamilan, hingga mual pasca operasi dan kemoterapi. Cukup dengan mengonsumsi secangkir air jahe sebelum memulai perjalanan atau saat gejala mual mulai dirasakan, maka rasa mualmu akan segera teratasi.

4. Gak nyangka kan kalau air jahe bisa memperkuat sistem imun tubuh?
Makanya jahe diminum saat masuk angin, supaya tubuhmu cepat sembuh. Jahe kaya akan vitamin C, magnesium dan zat-zat lainnya seperti gingerols, shogaols, dan zingerones, yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat-zat tersebut tentunya sangat berguna bagi daya tahan tubuh kamu.
5. Minum air jahe juga dapat mengatasi gangguan pernapasan.
Zat-zat antioksidan yang dimiliki jahe tersebut ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan-gangguan pernafasan seperti asma, flu, dan batuk yang disertai demam. Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan detoksifikasi paru-paru.

6. Mengurangi pembengkakan dan radang dalam tubuh.
Jahe mempunyai kandungan-kandungan yang berfungsi meredakan pembengkakan dan peradangan. Maka dari itu, jahe juga dapat berfungsi baik untuk mengatasi permasalahan nyeri di otot dan sendi. Air jahe dapat diminum setelah berolahraga dan juga dapat digunakan sebagai air rendaman untuk merendam bagian sekitar sendi yang sakit.

7. Melancarkan sirkulasi darah.
Jahe dapat mencegah penumpukan lemak di pembuluh darah arteri sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan vitamin, mineral, dan asam aminonya juga mampu mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

8. Terakhir, air jahe melawan pertumbuhan tumor dan sel kanker.
Salah satu kandungan utama dari jahe, yaitu gingerol, ternyata punya peran penting dalam melawan tumor dan kanker! Sebuah studi yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Insitutes of Health membuat sebuah penemuan bahwa ternyata zat tersebut dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus. Fungsi anti inflamasi yang dimiliki jahe ternyata juga mampu melawan pertumbuhan sel kanker pada kanker rahim.

Memang sih banyak manfaatnya. Namun perlu diingat, konsumsi jahe yang berlebihan juga memiliki efek samping seperti iritasi mulut, diare, tekanan darah rendah, hingga gangguan pendarahan. Meski masih jarang kasusnya, alangkah baiknya untuk tidak kamu lebihkan konsumsinya. Bagi kamu yang mempunyai penyakit lambung, diabetes, serta jantung, konsultasikan dulu ke dokter sebelum kamu mengonsumsinya yaa!

Kolom Komentar

comments