Cara Cerdas Mengamankan Password

0
114

Cara Cerdas Mengamankan Password- Sekarang ini, siapapun bersinggungan dengan yang dinamakan password. Minimal password buat sosial medianya. Nah, terkadang akun sosial media dan akun lainnya bisa dibobol oleh orang yang sekadar iseng sampai bermaksud mencuri data kita. Perlu dicatat! Jangan pernah percaya bahwa data yang diamankan dengan password itu benar-benar aman. Tidak ada yang benar-benar aman di dunia maya. Paling tidak itulah pesan tersirat dalam film Who Am I.

Banyak hacker atau peretas biasanya mencari celah keamanan agar bisa dengan mudah mengakses data yang mereka inginkan. Hacker tidak melulu orang yang antisosial. Bisa saja mereka yang duduk disebelah kita adalah hacker yang sedang beraksi.

Password memang sesuatu yang perlu dijaga kerahasiaannya. Lalu, bagaimanakah Menjadikan password aman dan tidak mudah ditebak?

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, saat membuatpassword pilihlah kata yang tidak berhubungan dengan diri Anda, istri, anak, tanggal kelahiran, warna kesukaan, makanan kesukaan, bahkan binatang kesayangan Anda. Bayangkan saja jika hackernya adalah orang dekat dengan Anda, tentu dia akan mudah menebak kata sandi anda tanpa harus menggunakan teknik ribet.

Cara kedua, buatlah karakter panjang saat Anda menciptakan sebuah password. Misalnya saja 20 karakter (untuk program recovery ‎password versi trial akan susah untuk melacaknya).‎ Ketiga, gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf, misalnya ‎‎”#$@!()&^TG!@”. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.‎

Keempat, jangan menyimpan password pada secarik kertas terlebih lagi Anda membuang kertas itu sengaja mauppun tidak. Teknik seperti ini bisa Anda tonton dalam film Who Am I. Dalam film itu dipertontonkan para hacker mencari email maupun informasi mengenai pegawai dinas intelejen Jerman. Hingga akhirnya mereka berhasil membobol sistemnya.

Kelima, hati-hati kalau Anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang peretas ‎sedang beraksi untuk mencuri password. Mereka biasanya menggunakan teknik ‎network sniffing untuk memantau lalu lintas data yang keluar masuk jaringan, ‎termasuk account dan password.‎ Perhatikan dengan seksama sambungan keyboard pada komputer Anda karena bisa saja ada orang ‎yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.‎ Cara amannya, gunakan sistem copy-paste untuk menginput password. Hal ini bisa menghindari ‎hacking dengan keylogging.‎

Kolom Komentar

comments