Credit picture by http://infoterkiniteknologi.blogspot.co.id/2016/06/cara-mengatasi-laptop-mati-total-kena.html

Cara Atasi Laptop Kena Air, Sebagian besar pengguna PC (desktop atau laptop) tentu pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan, mulai dari terkena virus, layar retak, hingga basah terkena tumpahan air.

Layaknya keadaan darurat lain, ketika yang semacam ini terjadi, kunci selamatnya adalah jangan panik. Kemudian, Anda bisa melakukan langkah-langkah penanganan untuk mengasti laptop/computer yang ketumpahan air, berikut:

Langkah pertama tetaplah tenang. Hal ini dikarenakan peristiwa yang satu ini terbilang sering terjadi, entah melibatkan kopi, teh, soft drink, atau air putih biasa. Saat minuman tertumpah ke komputer, hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan komputer secepat mungkin.

Kemudian langkah kedua, segera cabut kabel dan lepaskan baterai (untuk laptop) untuk mencegah korslet akibat kontak antara air dan komponen elektronik  yang bisa menyebabkan cedera atau kebakaran.

Setelah itu, balikkan komputer agar air mengalir keluar. Misalnya, apabila laptop terkena tumpahan di bagian keyboard, maka putar laptop agar keyboard menghadap ke arah bawah. Kemudian, lap komputer dengan bahan kering dan mudah menyerap air misalnya kanebo ataupun busa.

Lalu, terakhir tunggu beberapa lama untuk meyakinkan komputer sudah benar-benar kering sebelum dinyalakan kembali.

Kolom Komentar

comments