Berstatus Warga Negara Prancis, Gloria Gagal Jadi Paskibraka

0
174

Berstatus Warga Negara Prancis, Gloria Gagal Jadi Paskibraka-Kabar perihal kewarganegaraan kini datang dari Gloria Natapradja, perempuan kelahiran tahun 2000 tak jadi dilantik sebagai anggota Paskibraka dikarenakan berkewarganegaraan asing. Surat dari Kemenkum HAM menyatakan Gloria, remaja 16 tahun yang bersekolah di SMA Islam Dian Didaktika sebagai WN Prancis.

Ira Natapraja Hamel membenarkan putrinya Gloria Natapraja Hamel memiliki paspor warga negara Prancis.  “Kenapa dia punya paspor Prancis, karena Indonesia tidak memberikan paspor kalau belum 18 tahun,” kata Ira, Senin (15/08).Walau dia sudah menyatakan di atas materai memilih Indonesia. Gloria berayah Prancis dan sudah memiliki paspor Prancis. Karena status kewarganegaraan ini Gloria Natapradja akhirnya dicoret dari pengukuhan anggota Paskibraka nasional.

Meski mimpinya bergabung dengan Paskibraka pengibar bendera pusaka pupus. Tapi remaja berusia 16 tahun ini terlihat tetap bersemangat. Dia kerap tersenyum, termasuk saat berbincang dengan Menpora Imam Nahrawi yang datang menengoknya di asrama Cibubur. “Mungkin saya nggak bisa berbakti ke negara ini dari segi Paskibraka karena status saya diragukan. Saya tidak bisa berbuat apa-apa juga. Dari sini mungkin peluang saya untuk berbakti dalam aspek lain,” jelas Gloria.

Dia mengaku sangat cinta terhadap Indonesia dan akan memilih Indonesia. “Siap, saya memilih Indonesia. Saya sangat cinta Indonesia. Saya sudah janji pada bendera saat perenungan tadi malam. Saya akan mencoba negeri ini menjadi tempat yang lebih baik,” terang dia kepada Menpora, Imam Nahrawi.

Berikut isi surat Kemenkum HAM soal status Gloria:

1. Bahwa Gloria Natapradja Hamel dilahirkan di Jakarta pada 1 Janurai 2000 anak pasangan dari suami istri Didier Andre Aguste Hamel warga negara Prancis dan Ira Hartini warga negara Indonesia.

2. Bahwa Gloria Natapradja Hamel mempunya paspor Prancis nomor 14AA66042 yang berlaku sejak tanggal 20 Februari 2014 sampai dengan 19 Februari 2019 dan pemegang KITAP nomor 2D21JE0099-Q yang berlaku sampai dengan 18 Juli 2021

3. Gloria Natapradja Hamel tidak pernah didaftarkan orangtua/walinya untuk memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia kepada menteri berdasarkan pasal 41 UU 12/2006 tentang kewarganegaraan RI

4. Berdasarkan data tersebut di atas Gloria Natapradja Hamel adalah warga negara asing (Prancis)

Kolom Komentar

comments